Biochan Kapsul Albumin Terbaik. Biochan juga dikenal sebagai kapsul probiotik albumin pertama di Indonesia. Dengan pengolahan albumin teknologi probiotik terkini menjadikan Biochan sebagai kapsul probiotik terbaik di kelasnya.

Sunday, January 9, 2011

Cegah Gejala Sindrom Nefrotik (Nefrotik Syndrome)

Sindrom Nefrotik adalah suatu sindroma (kumpulan gejala-gejala) yang terjadi akibat berbagai penyakit yang menyerang ginjal, Artinya, kumpulan gejala yang menyangkut kerja organ ginjal. Istilah ginjal bocor bukan berarti terdapat lubang pada ginjal, sehingga menyebabkan kebocoran. Disebut bocor hanya untuk menggambarkan secara mudah bagi pasien, bahwa bocor atau keluarnya protein (albumin) dari dalam tubuh melalui air kencing (urine).
Sindrom ini bisa terjadi pada segala usia. Pada anak-anak, paling sering timbul pada usia 18 bulan sampai 4 tahun, dan lebih banyak menyerang anak laki-laki. Dalam keadaan normal, ginjal bekerja sebagai penyaring, sehingga protein tidak bisa keluar dari tubuh. Jika tubuh banyak mengeluarkan protein, otomatis kadar protein dalam tubuh pun menurun.
Sifat albumin adalah menahan agar cairan tidak keluar dari pembuluh darah. Ketika tubuh kekurangan albumin, cairan mudah merembes keluar dari pembuluh darah, menyebabkan tubuh membengkak.
Jika sudah demikian, tubuh akan melakukan penyesuaian karena kekurangan albumin. Salah satunya dengan memecah lemak dari seluruh tubuh, sehingga membuat kadar kolesterol naik.
Gejala utama sindrom nefrotik atau ginjal bocor ini ada empat, yaitu:
  1. Keluarnya protein melalui urin;
  2. kekurangan kadar albumin;
  3. tubuh bengkak;
  4. meningkatnya kadar kolesterol.
Sindrom nefrotik berkaitan dengan saringan ginjal, sedangkan gagal ginjal berkaitan dengan fungsi ginjal. Bisa terjadi seorang mengalami sindrom nefrotik, tetapi fungsi ginjalnya masih normal.Selain empat gejala utama berupa bocornya protein lewat urin, kekurangan kadar protein dalam tubuh, badan bengkak, dan meningkatnya kadar kolesterol, masih ada beberapa gejala yang bisa menyertai sindrom nefrotik. Ini dikarenakan penyebabnya yang beragam dan bisa merembet ke bagian tubuh lain.
Gejala-gejala tersebut antara lain:
  • Nafsu makan berkurang;
  • Massa otot menyusut;
  • Air kencing (urine) berbusa;
  • Pembengkakan pada kelopak mata;
  • Nyeri perut;
  • Pengkisutan otot;
  • Sesak napas akibat penimbunan cairan di rongga sekitar paru-paru;
  • Lutut dan kantong zakar (pada pria) membengkak.
  • Pada anak bisa terjadi penurunan tekanan darah ketika sedang berdiri. Tekanan darah penderita bisa rendah ataupun tinggi.
  • Volume air kencing (urine) berkurang dan bisa terjadi gagal ginjal karena rendahnya volume darah dan berkurangnya aliran darah ke ginjal. Kadang gagal ginjal disertai penurunan pembentukan air kemih terjadi secara tiba-tiba.
  • Kekurangan gizi bisa terjadi akibat hilangnya zat-zat gizi (misalnya glukosa) ke dalam air kemih. Pertumbuhan anak-anak bisa terhambat. Kalsium akan diserap dari tulang. Rambut dan kuku menjadi rapuh dan bisa terjadi kerontokan rambut. Pada kuku jari tangan akan terbentuk garis horisontal putih yang penyebabnya tidak diketahui.
  • Lapisan perut bisa mengalami peradangan (peritonitis). Sering terjadi infeksi oportunistik (infeksi akibat bakteri yang dalam keadaan normal tidak berbahaya). Tingginya angka kejadian infeksi diduga terjadi akibat hilangnya antibodi ke dalam air kemih atau karena berkurangnya pembentukan antibodi.
  • Terjadi kelainan pembekuan darah, yang akan meningkatkan resiko terbentuknya bekuan di dalam pembuluh darah (trombosis), terutama di dalam vena ginjal yang utama. Di lain pihak, darah bisa tidak membeku dan menyebabkan perdarahan hebat.
  • Tekanan darah tinggi disertai komplikasi pada jantung dan otak paling mungkin terjadi pada penderita yang memiliki diabetes dan penyakit jaringan ikat.
Pada gejala pembengkakan, pembengkakan yang terjadi seringkali berpindah-pindah, pada pagi hari cairan tertimbun di kelopak mata dan setalah berjalan cairan akan tertimbun di pergelangan kaki. Pengkisutan otot bisa tertutupi oleh pembengkakan.
Kunci utama penanganan masalah ginjal bocor adalah dengan mengobati penyebabnya.
Jika disebabkan oleh masalah kekebalan tubuh, perbaiki kekebalan tubuhnya.
Jika disebabkan infeksi, obati infeksinya.
Jika disebabkan oleh penyakit gula, perbaiki kadar gulanya.

Tidak mudah untuk memahami gejala sindrom nefrotik, lebih baik mencegah penyakit daripada mengobatinya. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi kapsul albumin yang terbuat dari ikan gabus/ikan kutuk asli, karena dengan begitu ketercukupan gizi dalam tubuh akan selalu terjaga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cegah Gejala Sindrom Nefrotik (Nefrotik Syndrome)

0 comments:

Post a Comment